Dalam kondisi tertentu, kadang kali kita terpaksa untuk tetap terjaga di malam hari dikarenakan paksaan akan suatu pekerjaan yang dimana memaksa kita untuk begadang menyelesaikan pekerjaan itu. Meskipun kegiatan begadang ini kurang menyehatkan karena mengurangi waktu tidur dan memaksa bdan kita untuk tetap bekerja tanpa istirahat. Mengurangi waktu tidur merupakan kebiasaan yang kurang sehat, agar badan kita tetap merasa fit waktu tidur yang dibutuhkan bagi orang dewasa yaitu selama delapan jam dan bagi anak-anak waktu tidur yang baik itu sekitar  9-10 jam. Akan tetapi waktu tidur bagi tiap individu itu berbeda-beda bergantung ddengan aktifitas dan kondisi fisik mereka yang dirasakan. Apabila kita memiliki aktifitas yang padat, lebih baik kita memiliki waktu tidur minnimal delapan jam.

Begadang bukan lagi menjadi suatu hal yang tidak biasa, hampir tiap orang pasti pernah begadang baik untuk menyelesaikan pekerjaannya ataupun hingga sudah menjadi kebiasaaan untuk begadang karena sekarang ini masyarakat begandang tidak hanya untuk menyelesaikan pekerjaan tetapi juga untuk kebutuhan yang esensial seperti begadang untuk bermain game dan nonton drakor. Oleh karena itu terdapat beberapa cara untuk meminimalisir dampak buruk ketika begadang, yaitu

Apabila sebelumnya kalian mengetahui kapan akan sibuk dan mengharuskan untuk begadang, kalian bisa mempersiapkan terlebih dahulu dengan cara mengumpulkan waktu tidur bisa dengan tidur siang terlebih dahulu ataupun tidur sebelum begadang.

Minuman yang biasa mengandung kafein yang sering dijumpai yaitu kopi, kandungan kafein dipercaya dapat menghilangkan ngantuk, selain itubisa membuat tubuh menjadi fit dan berguna untuk otak. Efek kafein ini menstimulasikan kita untuk tetap produktif. Apabila kalian terbiasa meminum kopi efek dari kopi tidak akan optimal oleh karena itu stop untuk mengonsumsi kopi selama beberapa hari sebelumnya agar ketika meminum lagi efek dari kopinya bisa optimal.

Apabila ingin tetap terjaga, sebaiknya kita mengonsumsi protein yang baik  dan  menghindari kalori yang tinggi agar tidak mengantuk. Tubuh kita membutuhkan asupan sesuatu agar dapat terbakar ketika terjaga sepanjang malam dan otak kita pun membutuhkannya agar tetap bisa berpikir.

Terdapat penelitian jika tubuh akan memproduksi hormon yang dapat membuat mengantuk apabila dalan kegelapan di saat malam hari. Oleh karen itu jika ingin begadang diperlukannya pencahayaan yang cukup agar tidak mengantuk dan merusak mata kita apabila begadang sambil membaca.

Pada saat kita begandang, anggota tubuh kita akan tetap aktif dan bagian tubuh kita yang paling banyak bekerja yaitu mata, mata kita akan tetap melihat dan bekerja sepanjang malam digunakan untuk membaca ataupun menatap layar gadget. Oleh karena itu dibutuhkannya bantuan untuk membantu mata, seperti lensa kacamata Excellenz yang memiliki lapisan anti radiasi dari sinar berbahaya seperti UV, bluelight dan infrared yang bersumber dari layar gadget kita pada saat kita tetap begadang sambil menggunakan gadget.

(MF/RR)

Sumber

Hellosehat.com

Alodokter.com