PENGGUNAAN KACAMATA BACA SIAP PAKAI

Presbyopia & Akomodasi

Memasuki Usia 40 tahun umumnya terjadi perubahan pada fungsi penglihatan dekat mata manusia, diawali dengan gejala buram ketika membaca jarak dekat, melihat lebih jelas ketika menjauhkan objek baca dan mata cepat lelah pada saat beraktifitas kerja dekat. Kondisi ini disebut sebagai Presbyopia atau “mata tua”. Presbyopia terjadi karena seiring bertambahnya usia otot siliaris mata melemah dan berkurangnya kelenturan lensa mata, yang berperan besar dalam proses akomodasi ketika melihat dekat.

Ketika mata melihat terjadi proses penglihatan dimana sinar masuk ke dalam mata melewati kornea, lensa, dan jatuh tepat di retina. Jika sinar tidak jatuh tepat di retina maka penglihatan menjadi buram. Ketika mata normal melihat objek jauh lebih dari 6 meter, tidak terjadi proses akomodasi karena sinar jatuh tepat di retina. Namun ketika melihat objek dekat ± 33 CM sinar jatuh di belakang retina, agar penglihatan jelas otot siliaris berkontraksi dan lensa mencembungkan diri sehingga menghasilkan ukuran + (plus) dan menarik sinar jatuh tepat di retina, maka mata bisa melihat objek dekat dengan jelas. Proses inilah yang disebut proses akomodasi.

Kacamata Baca untuk Presbyopia

Kacamata merupakan alat bantu penglihatan yang sangat umum digunakan untuk mengatasi gangguan penglihatan, salah satunya untuk orang yang mengalami Presbyopia. Ketika seseorang mengalami Presbyopia maka dibutuhkan kacamata tambahan ukuran + (plus) untuk aktifitas kerja dekat atau baca yang sering disebut sebagai Addition atau Add. Secara umum Addition pada Presbyopia diberikan berdasarkan usia.

USIAADDITION
40 – 45 Tahun1.00 Dioptri
45 – 50 Tahun1.50 Dioptri
50 – 55 Tahun2.00 Dioptri
55 – 60 Tahun2.50 Dioptri
60 Tahun3.00 Dioptri

Tabel di atas tidak berlaku mutlak, tentunya untuk mendapatkan ukuran yang sesuai perlu dilakukan pemeriksaan mata oleh praktisi kesehatan mata.

Kacamata baca siap pakai biasanya sangat mudah ditemui dan tersedia dengan berbagai ukuran dengan harga yang sangat terjangkau. Apakah penggunaannya bisa merusak mata? Jawabannya tidak, namun jika menggunakan kacamata dengan ukuran yang tidak sesuai dengan kondisi mata bisa menimbulkan ketidaknyamanan seperti sakit kepala, pusing, dan mata lelah. Untuk itu, sebelum memutuskan membeli kacamata baca siap pakai sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan praktisi kesehatan mata Anda.

Satu Kacamata Baca untuk Segala Usia

Saat ini juga telah beredar kacamata baca siap pakai yang bisa mengoreksi Presbyopia dengan berbagai ukuran addition hanya dengan satu kacamata saja. Secara teknis hal ini sulit untuk diwujudkan sehingga terkesan “Overclaim“, alasannya adalah sebagai berikut :

  1. Jenis lensa yang dipakai untuk kacamata baca adalah single vision, yang artinya lensa tersebut hanya memiliki satu ukuran saja sehingga tidak mungkin bisa digunakan oleh semua penderita Presbyopia yang memiliki Addition berbeda-beda.
  2. Jenis lensa yang mempunyai berbagai ukuran dalam satu lensa adalah Progressif Addition Lens (PAL), pada pemasangan lensa PAL membutuhkan fitting yang disesuaikan dengan masing-masing pemakai. Jika fitting yang dilakukan tidak sesuai akan memunculkan berbagai gejala ketidaknyamanan dan penglihatan yang buram
  3. Salah satu produk yang mengklaim bisa mengoreksi Presbyopia dengan rentang addition 0.50 s.d 2.50, ketika dicek menggunakan alat Lensometer, hasilnya kacamata tersebut hanya memiliki satu ukuran yaitu + 2.00. sehingga tidak dapat diklaim bisa untuk semua ukuran Addition   

Terjadinya Presbyopia adalah karena faktor usia, yang dimulai pada usia 40 tahun, semakin bertambahnya usia maka Addition yang diperlukan untuk membantu penglihatan dekat juga semakin besar. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memeriksakan mata setiap dua atau tiga tahun sekali untuk mendapatkan ukuran kacamata yang paling sesuai.

(SN/RR)

Open chat
Hello 👋