Cara Menjaga Kesehatan Mata Lansia

Para lansia (lanjut usia sekitar 65 tahun ke atas) seringkali mengalami masalah penglihatan seiring dengan bertambahnya usia mereka. Menurunnya kemampuan mata maupun efek samping dari penyakit ataupun pengobatannya seringkali menjadi alasan kesehatan mata mereka berkurang.

Oleh karena itu mereka memerlukan perhatian lebih untuk mendukung kesehatan mata mereka. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan lansia:

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Lansia membutuhkan lebih banyak konsumsi vitamin A dan C karena kaya akan antioksidan. Vitamin A dan C ini banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan macula pada retina mata yang penting bagi penglihatan sentral. Zat ini bisa didapat dari konsumsi ikan. Sebaliknya, konsumsi alcohol dan lemak jenuh harus semakin dikurangi bagi lansia.

 

  1. Istirahat yang cukup.

Istirahat yang paling baik adalah tidur. Karena dalam masa tidur, mata akan lebih terjaga kelembabannya. Cairan alami mata akan diproduksi terus selama tidur sehingga kotoran yang masuk sepanjang hari akan dikeluarkan saat tidur.

 

 

 

  1. Olahraga teratur.

Dengan berolahraga secara teratur maka peredaran darah menjadi lancar dan suplai oksigen tercukupi. Olahraga juga bisa meminimalkan resiko diabetes yang dapat merusak retina mata. Untuk melindungi mata saat melakukan olahraga outdoor, penting untuk menggunakan kacamata yang bisa memblok sinar UV, Blue light, dan infrared yang berasal dari matahari.

  1. Rutin cek kesehatan mata.

Rutin mengecek kesehatan mata dapat membantu mengetahui ukuran lensa yang tepat untuk mata. Selain itu cek rutin ini juga bisa membantu dalam deteksi dini penyakit mata seperti glaucoma dan katarak, serta penyakit umum lansia seperti hipertensi dan diabetes.

  1. Jauh dari asap merokok.

Perokok aktif dan pasif sama-sama beresiko terhadap penyakit katarak dan degenerasi macula pada mata. Oleh karena itu sebaiknya lansi berhenti merokok dan menjauh dari perokok aktif.

  1. Berikan pencahayaan yang cukup.

Lansia membutuhkan cahaya yang 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan orang muda usia 20 tahun-an. Oleh karena itu bantuan pencahayaan yang lebih terang dibutuhkan bagi lansia untuk beraktifitas sehari-hari, seperti berjalan di tangga, ruang baca, ataupun dapur.

 

 

  1. Batasi waktu penggunaan komputer atau gadget.
  • Tiap penggunaan gadget selama 20 menit, istirahatkan mata dengan melihat jauh selama 20 detik.
  • Jaga jarak pandang sekitar 50-60 cm.
  • Sesuaikan cahaya pada layar gadget agar tidak terlalu silau.
  • Dalam satu sesi penggunaan gadget sebaiknya kurang dari 2 jam.
  1. Gunakan kacamata anti radiasi.

Kacamata anti radiasi ini penting bukan hanya di aoutdoor tapi juga indoor. Tidak hanya matahari, gadget, microwave, kompor, lampu LED, dan alat elektronik lainnya juga memancarkan radiasi tak terlihat yang berbahaya bagi mata. Oleh karena itu, lansia juga sangat membutuhkan lensa Excellenz Nanomax untuk kacamata mereka, karena Excellenz Nanomax adalah satu-satunya lensa yang mampu memblok sinar UV, blue light, dan infrared.

 

(RR)